main menu

Forum Perangkat Daerah Balitbang Provsu Tahun 2019

Forum Perangkat Daerah Balitbang Provsu Tahun 2019

Forum Perangkat Daerah Balitbang Provsu Tahun 2019


Medan, 26/02. Permendagri No. 86 Tahun 2017 mengamanatkan agar setiap OPD melaksanakan kegiatan Forum Perangkat Daerah, memenuhi amanat tersebut Balitbang mengadakan kegiatan Forum Perangkat Daerah Balitbang Provsu Tahun 2019 yang diselenggarakan pada hari Selasa (26/02) di Hotel Grand Antares, Medan. Forum Perangkat Daerah Balitbang Provsu Tahun 2019 ini bertujuan untuk memperoleh masukan untuk mempertajam pencapaian sasaran program dan kegiatan sekaligus menyelaraskan data dan informasi yang diperlukan dalam rangka menyusun Rencana Kerja Balitbang Provsu Tahun 2020.


Acara ini dibuka oleh Kepala Balitbang Provsu Bapak. Ir. H. M. A. Effendy Pohan sekaligus juga memaparkan Rencana Kerja Balitbang Tahun 2020. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa terdapat 3 program yang akan dilaksanakan pada Tahun 2020 diantaranya Program Diseminasi Informasi Teknologi, Program Penguatan Sistem Inovasi Daerah dan Program Peningkatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Beliau mengharapkan agar penelitian tidak hanya berfokus pada jumlah namun juga meningkatnya hasil penelitian sehingga dapat dimanfaatkan sebagai kebijakan di daerah yang merupakan cita-cita indikator kinerja sesuai dengan Permendagri No. 86 Tahun 2017.


Hadir juga sebagai narasumber dari Bappeda Provsu Ibu Tapi Sari Siregar, Kasubbid Pendidikan Bidang SDM/Sosial Budaya yang membahas tentang Integrasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018-2023 pada Dokumen Perencanaan Organisasi Perangkat Daerah, selanjutnya juga narasumber dari Balitbangda Kab. Dairi Bapak Ir. Sahala Tua Manik, Kepala Balitbangda Kab. Dairi yang menjelaskan mengenai Peran Balitbangda Menjadikan Daerah Lebih Inovatif dan Berdaya Saing, dan Ketua Dewan Riset Daerah Provsu Bapak Harmein Nasution yang memaparkan tentang Dewan Riset Daerah Provsu dan kaitannya dengan penelitian  terutama penentuan isu-isu strategis.


Peserta Forum Perangkat Daerah ini berasal dari berbagai OPD/Biro di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara serta Balitbang dan Bappeda dari Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Utara, yang turut menyumbang masukan dan saran terkait isu strategis di daerahnya masing-masing. Diantara isu strategis yang dibahas dalam kegiatan ini adalah seperti yang diutarakan oleh Kasubbid Pelitian Bappeda Kab. Batu Bara yaitu mengenai dampak alih fungsi lahan di areal kaasan industry Kuala Tanjung dan Pelabuhan Kuala Tanjung, multiplier effect terhadap Kawasan industry Kuala Tanjung dan Pelabuhan Internasional terhadap kabupaten sekitar, kajian potensi pengembangan wisata mangrove Kabupaten Batu Bara sebagai daya ungkit pembangunan ekonomi dan potensi pengolahan pada produk olahan perikanan untuk meningkatkan nilai jual produk mentah. Isu-isu tersebut diharapkan dapat dijadikan rujukan untuk penelitian-penelitian yang akan dilakukan ke depannya. (RA/NM)