main menu

Pemprovsu Persiapkan kerjasama dengan Asean Nagoya Club (ANC)

Pemprovsu Persiapkan kerjasama dengan Asean Nagoya Club (ANC)

Medan, 21/01/2019.  Pemerintah Provinsi Sumatera Utara membahas mengenai rencana persiapan kerjasama dengan Asean Nagoya Club (ANC) dalam rapat yang diselenggarakan pada hari Senin tanggal 21 Januari 2019 yang diadakan di Ruang Rapat Kaharuddin Lt. VIII Kantor Gubernur Sumatera Utara. Rapat yang dipimpin oleh Asisten III Bapak Zonny Waldi ini dihadiri oleh elemen terkait diantaranya Asisten II Kab. Deli Serdang, Kepala Balitbang Provsu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Deli Serdang, Kepala Bidang Dinas Lingkungan Hidup dan Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama Setdaprovsu.



Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berencana akan menjalin kerjasama dalam hal persampahan dan pengembangan di bidang hortikultura dan pertanian. Permasalahan persampahan yang hingga hari ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemprovsu diantaranya mengenai penetapan lokasi TPA Regional yang diharapkan dengan adanya kerjasama ini dapat segera terealisasi. Lokasi TPA Regional ini direncanakan di daerah Kab. Deli Serdang, diharapkan pula adanya kerjasama antara pemerintah Kota Medan dengan Kab. Deli Serdang sehubungan TPA Regional ini. Dalam penetapan lokasi TPA regional ini akan dibuat MoU antar kepala daerah yang terkait. Selain membahas mengenai rencana pengelolaan persampahan, dibahas pula mengenai hortikultura, mengharapkan adanya kerjasama dalam pengembangan dalam bidang pertanian.



Dari hasil rapat tersebut disepakati masing-masing instansi terkait agar dapat mempersiapkan data yang diperlukan dalam penetapan lokasi TPA Regional, menjalin koordinasi dengan Bupati Kab. Deli Serdang terkait lahan yang akan dijadikan lokasi TPA Regional serta merencanakan dan menyusun bentuk kerjasama yang akan dijalin dengan pihak ANC. (RA)


Dengan adanya program ini diharapkan mutu kualitas Sumber Daya Manusia menjadi semakin baik dan meningkatkan semangat generasi muda Sumatera Utara dalam memperoleh Pendidikan yang lebih baik.(RA)


Hasil rapat tersebut menyepakati akan dilaksanakannya pertemuan dengan BMKG pusat dengan instansi terkait dengan mengundang para pakar. Pada pertemuan ini nanti akan dilakukan pemaparan oleh instansi terkait sehubungan dengan teknologi mitigasi kebencanaan yang dapat digunakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam menanggulangi bencana alam melalui penerapan early warning system. (RA)